Wednesday, December 31, 2008

Strategi dan Faktor Yang Menentukan Posisi Satu Situs Anda Oleh Search Engine

Hallo kawan, pasti pada tertarik gimana situs/blog kita menjadi halaman pertama yang dihasilkan oleh pencarian search engine oleh kata kunci tertentu. Sebelumnya artikel ini saya posting, saya sempat berpikir “Apakah saya sendiri sudah mempunyai situs atau blog dihalaman pertama pada pencarian search engine dengan kata kunci tertentu?”
Dan Alhamdulillah blog saya saat ini sudah seperti itu, makanya saya coba memberikan sedikit masukan atau bisa dibilang bagi-bagi ilmulah karena ada pepatah bilang jika ilmu tidak diamalkan seperti pohon tanpa ada buahnya, nah ilmu yang saya dapat yaitu tentang faktor-faktor yang cukup berpengaruh terhadap penentuan suatu situs dari hasil pencarian yang dihasilkan oleh search engine.


Jumlah Teks Pada Dokumen
Sebuah halaman yang memiliki sangat sedikit teks didalam situsnya akan memiliki kemungkinan peringat yang sedikit pada hasil pencarian yang dihasilkan oleh search engine. Search engine lebih menyukai situs yang memiliki informasi yang bernilai tinggi didalamnya salah satunya anda coba meningkatkan jumlah teks dari isi halaman anda.
Nilai optimal dari suatu halaman adalah antara 500 hingga 3000 kata. Atau sekitar 2000 hingga 20000 karakter. Kemampuan daya pandang search engine terhadap halaman web tergantung mutu dan jumlah teks yang berbobot, artinya cobalah halaman situs anda diperbanyak jumlah teksnya.

Jumlah Kata Kunci dalam Sebuah Halaman
Kata kunci sedikitnya sebanyak tiga atau empat kali dalam halaman yang anda targetkan. Tentu saja jumlah tersebut sebanding dengan jumlah teks yang dituliskan pada halaman tersebut. Jika jumlah teksnya banyak maka jelas kata kuncinya harus lebih diperbanyak.

Kuantitas Kata Kunci
Kepadatan dari kata kunci merupakan ukuran relative terhadap penggunaan kata kunci tersebut pada halaman yang dimaksud. Sebagai contoh, jika suatu halaman terdapat sebanyak 100kali, kata kunci yang diulang sebanyak 5 kali, maka kepadatannya dianggap 5%. Jika persentasi ini sangat rendah, maka search engine tidak mengambil perhatian yang cukup tinggi, sedangkan jika jumlah kata kunci tersebut juga terlalu tinggi, search engine malah akan menganggap itu spam. Jika hal itu terjadi malah situs anda bakal berada diperingkat bawah.
Nilai optimal dari kepadatan kata kunci antara 5%-7%.

Lokasi dari Kata Kunci
Penggunaan kata kunci pada bagian awal dari deskripsi anda merupakan hal yang disarankan dalam strategi ini.

Format Teks
Search engine memberikan perhatian khusus untuk kata atau kalimat yang dibuat dalam bentuk format khusus. Antara lain :
- Penggunaan kata kunci sebagai heading
- Penggunaan kata kunci dengan menuliskannya dalam format huruf ditebalkan

Judul Halaman
Inilah salah satu starategi yang dianjurkan, yaitu gunakan kata kunci pada judul halaman anda. Seperti kita ketahui, halaman yang dimunculkan dalam daftar hasil pencarian, judul halaman merupakan bagian yang ditampilkan. Ini menunjukan bahwa halaman yang dimaksudkan adalah benar-benar bagian halaman di internet yang membahas kata kunci tersebut.

Kata Kunci pada Link
Merupakan cara sederhana untuk meyakinkan search engine bahwa halaman adalah membahas kata kunci yang dimaksud. Penggunaan link ini bias ditempatkan pada halaman web pada situs kita ataupun situs lain yang mereferensikan halaman tersebut.

Deskripsi Halaman
Gunakan deskripsi yang singkat, lugas, informatif, dan atraktif. Tentunya jangan lupa untuk menuliskan kata kunci anda pada deskripsi tersebut. Maka deskripsi menjadi salah satu strategi ? karena pada banyak search engine, termasuk yang tesbesar seperti google, menampilkan deskripsi ini pada daftar hasil pencariannya.

Penggunaan Keyword
Penggunaan keyword ini pada awalnya merupakan bagian yang menjelaskan secara terang-terangan tentang kata kunci yang mereka pakai, namun tidak digunakan semata-mata bagi search engine untuk saat ini, karena mereka harus bertindak lebih jauh untuk menentukan ketepatan penggunaan kata kunci tersebut. Tapi saya menyarankan tetap ini harus dipertimbangkan dan jangan ditinggalkan.
Yach….. akhirnya ilmu yang saya dapat dari sedikit membaca bukunya Jack Febrian, mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membacanya. Dan saya berharap komentar dari anda akan membantu untuk penyempurnaan artikel ini. Thanks.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More