Saturday, March 7, 2009

Internetan dengan indosatM2 Broom

BROOM

Modem Huawei
Akses internet untuk saat ini mungkin bukan barang yang langka dan mahal, tidak seperti dulu yang harus membayar sekian ratus ribu atau sekian juta untuk mendapatkan akses internet dari sebuah ISP (Internet Service Provider). Fasilitas alat bantu aksesnyapun bermacam-macam, dari mulai kabel telepon seperti speedy sampai gelombang elektromagnetik seperti GPRS (General Packet Radio Service). Tidak ketinggalan ISP pun bermunculan di negeri kita ini (katanya lebih dari 120 ISP), seperti TELKOM SPEEDY, Indosat M2, First Media, dan banyak lagi yang lainnya. Sebagai konsumen seperti saya sangat menguntungkan dimana semakin banyak penyedia layanan, semakain selektif memilih mana yang termurah dan terbaik. ISP pun berlomba lomba untuk memberikan layanan terbaik, dan kadang saling menjatuhkan harga.

Indosat M2 adalah salah satu ISP yang sudah lama melintang di dunia penyedia jasa layanan internet atau ISP, dari mulai paket internet cable dengan kecepatan up to 384 kbps sampai dengan 3G/HSDPA/EDGE/GPRS dengan kecepatan up to 256 kbps dan koneksi cepat (kata iklannya). Mungkin awal-awal seperti apa yang dibilang di iklan, tapi lama kelamaan pengguna semakin banyak, sehingga yang trafic data pun makin penuh.


Paket yang ditawarkan M2 untuk layanan 3G/3.5G/GPRS/HSDPA adalah Paket Broom. Paket ini sebenarnya ada 2 jenis, yaitu Broom Classic dan Broom Unlimited, yang menggunakan kartu prabayar dengan perdana isi ulang atau voucher. Perbedaan yang paling menonjol dari kedua paket ini adalah dari segi kapasitas atau kuota, dimana Broom Classic memiliki kuota Max 300MB untuk isi ulang 150.000/bln dengan kecepatan up to 3.6 Mbps sedangkan Broom Unlimited memiliki kuota unlimit untuk isi ulang 100.000/bln dengan kecepatan up to 256 kbps. Masa aktif satu bulan dengan masa tenggang 6 bulan, selama masa tenggang kita tidak bisa akses internet. Voucher ini tidak bisa digunakan untuk SMS atau Telepon. Syaratnya pun mudah, hanya dengan memasukan data KTP/SIM/KTM kartu langsung aktif.

Alat yang digunakan untuk dapat menikmati layanan dari M2 ini adalah modem 3G HSDPA, bisa menggunakan HP (Hand Phone) atau modem portable seperti merk Sierra atau merek Huawei yang banyak di pasaran. Harga rata-rata modem ini sekitar 400 ribuan untuk tipe PCMIA dan 1 jutaan untuk tipe USB. Silahkan cari data lengkap harganya, karena harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung harga tukar dolar terhadap rupiah.

Saya sendiri menggunakan perangkat Modem 3G HSDPA merek Huawei dan M2 Broom Unlimited pilihan saya sebagai media layanan jasa koneksi internet. Oke, saya akan coba jelaskan M2 Broom Unlimited ini.

* Broom Unlimited merupakan layanan akses internet unlimited melalui jaringan 3.5G dari IM2 dengan metode pembayaran tetap setiap bulan menggunakan voucher prabayar.
* Masa aktif adalah periode dimana Account Broom Anda dapat digunakan untuk melakukan akses internet. Masa aktif account Broom Unlimited adalah selama 1 (satu) bulan, terhitung dari tanggal pertama kali kartu perdana di aktivasi. Selanjutnya, untuk periode masa aktif bulan berikutnya akan mengikuti pola yang sama
* Masa Tenggang merupakan periode dimana Account Broom anda tidak dapat digunakan untuk melakukan akses internet untuk sementara waktu sampai dilakukan pengisian voucher. Anda harus segera melakukan pembayaran (pengisian voucher) sebelum Account Broom anda hangus.
* Kecepatan Akses, Anda akan menikmati kecepatan akses up-to 256 Kbps sampai dengan volume pemakaian 2GB. Dimana kemudian setelah itu kecepatan akses akan menurun up-to 64 Kbps sampai volume pemakaian yang tidak terbatas.

Adapun syarat - syarat yang harus anda lengkapi untuk mendapatkan kartu perdana Indosat M2 Broom ini yaitu, Identitas diri seperti KTP, Nomor telepon yang bisa dihubungin dan biaya sebesar 150.000-. Dan anda akan dimintai untuk mengisi username dan password yang nantinya akan anda gunakan untuk proses verifikasi saat mengakses internet.
Proses aktifasi perdana Broom ini sangat cepat, setelah perdana anda dapatkan, berarti anda sudah dapat menikmati Internet murah dari Indosat M2 Broom ini.

Beberapa settingan yang harus anda perhatikan sebelum mengkases internet menggunkan Indosat Broom :
Setting Indosat M2 Broom Unlimited
Profile Name : IM2
username : umam
password : umam
APN : indosatm2
Dial Number : *99#
Authentication : PAP
Dimana username dan password dapat anda ganti sesuai dengan username dan password yang anda miliki. Setiap settingan berbeda-beda, tergantung dari perangkat yang anda gunakan.

Ok, itu yang saya ketahui tentang m2Broom dan saya berterima kasih kepada My father atas pemberian hadiah modem 3G HSDPA nya dan terima kasih juga kepada teman-teman FTI atas konsultasinya untuk menyarankan saya pake akses internet M2 broom. Terus terang selama menggunakan layanan internet ini, kadang lambat kadang cepat. Biasanya kalau jam-jam sore atau malem lambat, tapi kalau udah di atas jam 12 malaem sampai dengan jam 9 an lumayan cepat. Tapi kadang siang pun cepat, tergantung koneksinya juga sich. Klo lagi dapat sinyalnya bagus dan banyak, so pasti koneksinya cepat. Yang penting termasuk murahlah sekarang internet hanya 100rb,unlimited selama 1 bulan.

Yupzz..itu dulu cerita tentang internet klo pake m2 broom. Semua terserah anda bagusnya pake yang mana. Yang penting mulai sekarang internetannya, udah murah koq gak kyk dulu mahal. Soalnya sekarang lagi zamannya orang internetan. Yang gak internetan berarti gak ngikutin perkembangan zaman dunk(hehe.. ^ ^).

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More