Friday, October 24, 2008

Bobot Mobil Mazda 200 Kg

Mazda Varian BaruLONDON - Mazda Motor berencana memangkan bobot kendaraannya hingga 200 kg per unit. Rencana ini mulai dilaksanakan pada model generasi terdepan Mazda. Pengurangan bobot diharapkan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Seperti diberitakan Auto Car UK, untuk mengurangi bobot Mazda menggunakan 3 metode, yaitu penggunaan material ringan, desain kendaraan baru untuk bagian chasis, dan menggunakan teknik baru dalam pemasangan bagian-bagian kendaraan.


Teknik-teknik ini akan diuji coba sebelum digunakan untuk produksi kendaraan masal. Model Mazda2 akan menjadi perintis penggunaan teknik pengurangan beban ini. Pengurangan bobot terbesar akan terjadi pada bagian struktur chasis bodi. Pihak Mazda menegaskan, perubahan material tersebut tidak akan mengurangi keamanan kendaraan.

Mazda juga mengembangkan micro-cell plastic. Dengan menggunakan bahan ini, bagian mobil, khususnya yang menggunakan bahan plastik dapat dikurangi hingga 10 persen.

Dengan penggunaan metode ini, bodi mobil Mazda akan berkurang bobotnya hingga 10 persen, sementara bagian chasis dipangkan 15 persen. Selain itu, Mazda akan melanjutkan program pengembangan mesin efisien bahan bakar untuk mengimbangi pengurangan bobot pada bodi dan chasis.

Rencana ini bertujuan untuk menghilangkan kesan bahwa mobil Mazda boros bahan bakar.

(ton)

Lotus perkenalkan mobil sport
Mobil super mini masa depan
Lotus perkenalkan mobil sport
Mazda siap varian varian baru

Source : okezone.com

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More