Wednesday, October 22, 2008

Tips Hemat BBM di Waktu Mudik

JAKARTA - Meskipun kendaraan mudik anda sudah dibekali mesin hemat bahan bakar. Tidak ada salahnya juga, jika kita tetap melakukan penghematan saat menuju kampung halaman, melepas rindu dan bersilaturahmi dengan orang-orang terdekat yang kita cintai.

Persiapan yang matang, seperti pengecekan kendaraan dibengkel resmi. Hal ini penting karena untuk menjamin bahwa semua komponen mobil berada dalam kondisi prima. Sehingga akan membuat anda merasa tenang selama mengemudikan mobil anda.


Tiba di tempat tujuan dengan lebih cepat memang baik. Namun perlu diperhatikan kecepatan tetap di posisi stabil. Gunakan posisi transmisi tertinggi jika memungkinkan. Serta hindari melakukan maneuver akselerasi dan pengereman yang mendadak.

Hindari perjalanan di hari puncak mudik, agar anda terbebas dari kemacetan yang membuat anda selalu menggunakan air conditioner (AC). Pasalnya AC juga memberi beban tambahan bagi mesin untuk mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Karena itu sebaiknya gunakanlah ventilasi udara luar jika anda tengah berada di kepadatan lalu-lintas.

Lelah, sebaiknya istirahat dan menepi terlebih dahulu di bahu jalan. Tetapi ingat, matikan mesin mobil anda. Karena membiarkan mesin tetap hidup ketika berhenti akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar dari pada menghidupkannya kembali.

(ton)

Cerdas hemat bbm
Daihatsu tanto
Mengenai all new honda jazz
Motor k1300s angkat gengsi bmw
Dealer honda

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More